Rabu, 18 Januari 2017

Bab 7 : Teknik Dasar Microsoft Excel

A. Menyorot atau Memblok Range ( Sel ) 
      Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menyorot atau memblok menggunakan tombol Shift adalah sebagai berikut. 
• Tempatkan penunjuk sel di posisi awal, yaitu A1. 
• Tekan tombol Shift kemudian tekan tombol anak panah di keyboard ke arah yang diinginkan. Adapun jika kamu ingin menyorot atau memblok dengan menggunakan mouse langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. 
• Klik sel awal (penunjuk mouse harus berupa tanda plus putih). 
• Klik tombol mouse sambil drag (geser) ke arah yang diinginkan.
      Untuk memblok secara cepat tanpa harus menggeser hingga ke bawah, kamu cukup mengklik kotak huruf yang terdapat pada bagian atas lembar kerja maka secara otomatis kolom tersebut akan terblok.
B. Memasukkan, Mengedit, dan Menghapus Data
 1. Memasukkan Data
   Memasukkan data di sel lembaran kerja dilakukan dengan mengaktifkan sel di lembaran kerja yang bersangkutan, kemudian mengetik data yang akan dimasukkan dan diakhiri dengan menekan tombol tab atau Enter. tombol Tab akan memindahkan sel yang aktif ke kolom berikutnya pada baris yang sama, sedangkan tombol Enter akan mengaktifkan sel di baris berikutnya pada kolom yang sama.
 2. Mengedit Data 

    Untuk mengedit data, kamu harus mengklik sel yang ingin kamu edit, kemudian ubah data kamu dalam kotak formula bar.
 3. Menghapus Data
    Untuk menghapus data, kamu dapat melakukan hal-hal berikut ini. 

• Sorot atau blok semua sel yang ingin dihapus. 
• Kemudian klik kanan maka akan muncul kotak menu seperti  gambar di samping.
• Pilih dan klik menu Delete.







C. Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris 
      Untuk mengatur lebar kolom dan tinggi baris, coba kamu perhatikan langkah-langkah berikut ini.
 • Pilih kolom yang ingin diubah lebarnya.
 • Pilih dan klik menu Format.
 • Pilih menu column.
 • Pilih dan klik menu widht.
 • Isi lebar kolom sesuai kebutuhan.
      Selain cara di atas, kamu juga dapat mengubah lebar kolom dengan menggunakan mouse. Caranya, yaitu arahkan penunjuk mouse ke batas kanan huruf kolom yang ingin di ubah lebarnya.
      Adapun untuk mengubah tinggi baris, langkah-langkah yang dapat kamu lakukan, yaitu sebagai berikut. 
 • Pilih sel yang ingin diubah.
 • Pilih dan klik menu Format.
 • Pilih menu Row.
 • Pilih dan klik menu Height.
 • Isi lebar baris sesuai kebutuhan. 
D. Menyisipkan Sel, Baris, dan Kolom Baru 
 1. Menyisipkan Sel Baru 
     Untuk menyisipkan sel baru, kamu harus memperhatikan langkahlangkah berikut ini.
 • Sorot atau blok sel yang ingin kamu sisipkan.
 • Kemudian klik kanan.
 • Pilih dan klik menu Insert.
 • Kemudian akan muncul kotak dialog.
      Setelah kamu klik Insert maka akan muncul kotak dialog Insert, seperti gambar di bawah. Ada beberapa pilihan untuk menyisipkan sel baru, yaitu sebagai berikut.
 • Shift cells right digunakan untuk memindahkan seluruh data dari sel yang dipilih ke sebelah kanan kemudian menyisipkannya pada sel yang masih kosong.
 • Shift cells down digunakan untuk memindahkan seluruh data dari sel yang dipilih ke sebelah bawah kemudian menyisipkannya sel yang masih kosong.

 2. Menyisipkan Baris Baru 
     Untuk menyisipkan baris baru, kamu dapat memperhatikan langkahlangkah berikut ini.
  • Klik baris yang ingin kamu tambahkan.
 • Kemudian klik kanan.
 • Pilih dan klik menu Insert.
 3. Menyisipkan Kolom Baru
     Untuk menyisipkan kolom baru, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

 • Klik bagian kolom yang ingin disisipkan.
 • Kemudian klik kanan.
 • Pilih dan klik menu Insert.  
E. Memasukkan Rangkaian Data
      Dalam Excel 2003 terdapat fasilitas AutoFill sehingga dapat memasukkan data dengan mudah dan cepat. Untuk memasukkan rangkaian data, ikutilah langkah-langkah berikut ini.
 • Pilih atau klik sel tempat posisi awal kemudian ketik angka 1, kemudian ketik angka 2.   • Sorot sel yang berisi 1 dan 2.
 • Tempatkan pointer pada pojok kanan bawah sel hingga muncul tanda +.
 • Drag tanda tersebut ke bawah sesuai kebutuhan.

F. Memformat Angka
     1. Memformat Angka 
         Menggunakan Menu Comma Menu Comma berfungsi untuk memberikan tanda titik (.) Untuk memisahkan angka dengan kelipatan ribuan. Untuk menjalankan menu Comma, perhatikan langkah-langkah berikut.
 • Sorot sel yang akan diubah.
 • Klik menu Comma.
Setelah menu Comma kamu klik, secara otomatis sel yang kamu sorot akan berubah. Perhatikan tampilan sel yang sudah diatur dengan menu Comma berikut.

     2. Format Accounting 
         Untuk melakukan Format Accounting, perhatikan langkah-langkah berikut.
 • Blok sel yang ingin kamu sisipkan menggunakan Format Accounting.
 • Kemudian klik kanan.
 • Pilih dan klik menu Format Cells.
G. Mengatur Format Sel
      1. Mengatur Isi Sel dengan Format Alignment 
          Format Alignment berfungsi untuk membuat sel tampak lebih rapi. Berikut adalah langkah-langkah membuat sel dengan Format Alignment.
 • Blok semua sel yang ingin diubah.
 • Klik ikon Center, atau ikon Align right, atau Align Left.
      2. Menggunakan Format Merge Cell 

          Format Merge Cell berfungsi untuk menyatukan beberapa sel menjadi satu sel. Untuk menggunakan format ini, perhatikan langkah-langkah berikut.
 • Blok beberapa sel yang ingin dijadikan satu sel.
 • Klik ikon  Merge and Center.
      3. Mengatur Perataan Teks 

          Untuk mengatur perataan teks, perhatikan langkah-langkah berikut.
 • Blok sel data yang ingin diformat.
 • Kemudian klik kanan maka akan tampil menu seperti dalam gambar di bawah.
 • Pilih dan klik menu Format Cells.
 • Kemudian akan muncul kotak dialog Format Cells.
      4. Mengubah Kemiringan Teks Hingga 90 Derajat 
          Untuk mengubah kemiringan teks, perhatikan langkah-langkah berikut.
 • Blok sel data yang ingin diubah kemiringannya.
 • Sama seperti sebelumnya klik kanan pada mouse.
 • Pilih dan klik menu Format Cells.
      5. Menggunakan Format Wrap Text
          Jika kamu ingin menggunakan Format Wrap Text, perhatikan langkahlangkah berikut ini.

 • Blok sel yang ingin diformat dengan Wrap Teks.
 • Klik kanan pada mouse.
 • Pilih dan klik menu Format Cells.
 • Kemudian pada kotak dialog di bagian Text Control pilih Wrap Text.
 • Klik OK.
      6. Membuat Bingkai atau Garis Pembatas
          Untuk memberi bingkai atau garis pembatas pada file yang kamu buat dalam Excel, perhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

 • Blok sel yang ingin diberi bingkai atau garis pembatas.
 • Klik menu Format kemudian menu Cells.
 • Kemudian akan tampil kotak dialog Format Cells.
          Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kemudian secara otomatis muncul bingkai pada tabel.
H. Memberi Proteksi pada Lembar Kerja
      Agar pekerjaan kamu tidak dapat dibuka oleh orang lain, kamu dapat menggunakan Fitur Protection pada Microsoft Excel. Fitur tersebut dapat menjaga keamanan pekerjaan kamu. Selain itu, Protection juga dapat diatur untuk memproteksi sel-sel tertentu sesuai apa yang kamu inginkan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
 • Klik menu Tools pada main menu bar.

 • Pilih dan klik menu Protection.
 • Pilih Protect Sheet.
 • Kemudian isilah password pada kotak seperti pada gambar berikut.
 • Isi kembali password yang telah kamu buat sebelumnya pada kotak di bawah ini.
      Setelah menggunakan Fitur Protection jika kamu ingin mengubah-ubah lembar kerja maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah dan proteksi telah aktif.

Untuk menghilangkan proteksi, kamu tinggal kembali ke menu semula kemudian pilih dan klik menu Unprotect, masukan password yang tadi kamu masukan.

 

  

 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar